Rabu, 01 Mei 2013

LETTER OF INQUIRY


NAMA             :         SANTI YANI PURNAMA
KELAS          :         3EB23
NPM                  :         21208133

TUGAS SOFTSKILL BAHASA INGGRIS BISNIS2
LETTER OF INQUIRY

Inquiry letter adalah sebuah jenis surat permintaan atau permohonan informasi tentang suatu produk, jasa, lowongan pekerjaan atau informasi bisnis lainnya.
            Pada umumnya fungsi umum dari surat ini adalah untuk merespon  suatu periklanan dari sumber-sumber informasi seperti surat kabar, majalah atau media elektronik tentang suatu produk/jasa saat kita tertarik dengan informasih yang diperoleh tersebut.
            Biasanya suart ini merupakan sebuah langkah awal dalam membangun sebuah bisnis atau kerjasama dari dua pihak, yakni penyedia produk/jasa dan pembeli produk/jasa tersebut.


            Dalam surat ini, ada beberapa hal yang di bahas oleh si penyedia jasa/produk yang merupakan pertanyaan dari pembeli  agar dapat membantu pembeli itu sendiri untuk mengetahui informasi tentang produk/jasa tersebut.  Hal-hal itu mencakup :
a. Nama dan jenis produk
b. Spesifikasi produk, yaitu; tipe, ukuran, kualitas, kapasitas dan lain-lain;
c. Harga satuannya.
d. Potongan harga;
e. Cara pembayarannya dari pembeli ke penjual;
f.  Cara penyerahan produk dari penjual ke pembeli, dan
g. Kemudahan yang mungkin diperoleh pembeli, seperti garansi dan lain-lain.




Contoh   Inquiry letter  :




·         Contoh Balasan dari Inquiry letter  :



       Dari contoh surat diatas,maka dapat dilihat bahwa bagian-bagian inquiry letter adalah :
1.     Kepala surat (header)
Tercantum Alamat, jika sebuah instansi/perusahaan, pada bagian kepala surat bisa juga menggunakan kop surat dari perusahaan/instansi tempat Anda bekerja dan cukup menuliskan alamat perusahaan yang dituju. 
2.     Tanggal surat (date) ; Contoh pada surat di atas : 25 june 2009
3.     Pembuka (openning)
Pembuka selalu diawali dengan salam.  Dalam opening tergantung surat formal/ non formal.
Contoh untuk non formal : Dear Rara
Contoh untuk formal : To Whom It May Concern 
4.     Referensi (reference)
Paragraf pertama selalu diawali dengan referensi yang Anda temui tentang perusahaan yang dituju. Referensi tersebut bisa berupa iklan di media cetak dan elektronik atau informasi bisnis lain yang Anda dapatkan dari kolega bisnis yang bekerja di perusahaan tersebut. Ekspresi yang umum digunakan adalah sebagai berikut: 


With reference to your advertisement (ad) in ... Atau 

Regarding your advertisement (ad) in ... 
5.     Permohonan informasi
Setelah menuliskan referensi, Anda dapat melanjutkan dengan menuliskan permohonan informasi yang ingin Anda dapatkan. Ekspresi yang umum digunakan adalah sebagai berikut: 
Would you please send me ...   Atau   Could you please send me ... 
Jika ada informasi lain yang ingin Anda ketahui, Anda dapat menuliskannya dengan ekspresi berikut ini: 
I would also like to know ... Atau  Could you tell me whether ... 
6.     Penutup dan tanda tangan (signature)
Ekspresi yang umum digunakan pada bagian penutup adalah: 
Sincerely  Atau ekspresi formal yang juga lazim digunakan adalah:  Yours faithfully 
Setelah menuliskan penutup, cantumkan nama serta jabatan (jika Anda merupakan seorang staf pada suatu perusahaan).

0 komentar:

Posting Komentar

My photo's...