NAMA : SANTI YANI PURNAMA
KELAS : 3EB23
NPM : 21208133
TUGAS SOFTSKILL BAHASA INGGRIS BISNIS2
Inquiry letter adalah sebuah jenis surat
permintaan atau permohonan informasi tentang suatu produk, jasa, lowongan
pekerjaan atau informasi bisnis lainnya.
Pada umumnya fungsi umum dari surat ini adalah untuk merespon suatu
periklanan dari sumber-sumber informasi seperti surat kabar, majalah atau media
elektronik tentang suatu produk/jasa saat kita tertarik dengan informasih yang
diperoleh tersebut.
Biasanya suart ini merupakan sebuah
langkah awal dalam membangun sebuah bisnis atau kerjasama dari dua pihak, yakni
penyedia produk/jasa dan pembeli produk/jasa tersebut.
Dalam surat ini, ada beberapa hal yang di bahas oleh si penyedia jasa/produk
yang merupakan pertanyaan dari pembeli agar dapat membantu pembeli itu
sendiri untuk mengetahui informasi tentang produk/jasa tersebut. Hal-hal
itu mencakup :
a. Nama
dan jenis produk
b. Spesifikasi
produk, yaitu; tipe, ukuran, kualitas, kapasitas dan lain-lain;
c. Harga
satuannya.
d. Potongan
harga;
e. Cara
pembayarannya dari pembeli ke penjual;
f. Cara
penyerahan produk dari penjual ke pembeli, dan
g. Kemudahan
yang mungkin diperoleh pembeli, seperti garansi dan lain-lain.
Contoh Inquiry letter :
·
Contoh Balasan dari Inquiry letter :
Dari contoh surat diatas,maka dapat dilihat
bahwa bagian-bagian inquiry letter adalah :
1. Kepala surat (header)
Tercantum Alamat, jika sebuah instansi/perusahaan, pada bagian kepala
surat bisa juga menggunakan kop surat dari perusahaan/instansi tempat Anda
bekerja dan cukup menuliskan alamat perusahaan yang dituju.
2. Tanggal surat (date) ; Contoh pada surat
di atas : 25 june 2009
3. Pembuka (openning)
Pembuka selalu diawali dengan salam. Dalam opening tergantung
surat formal/ non formal.
Contoh untuk non formal : Dear Rara
Contoh untuk formal : To Whom It May Concern
4. Referensi (reference)
Paragraf pertama selalu diawali dengan referensi yang Anda temui
tentang perusahaan yang dituju. Referensi tersebut bisa berupa iklan di media
cetak dan elektronik atau informasi bisnis lain yang Anda dapatkan dari kolega
bisnis yang bekerja di perusahaan tersebut. Ekspresi yang umum digunakan adalah
sebagai berikut:
With reference to your advertisement (ad) in ... Atau
Regarding your advertisement (ad) in ...
5. Permohonan informasi
Setelah menuliskan referensi, Anda dapat melanjutkan dengan menuliskan
permohonan informasi yang ingin Anda dapatkan. Ekspresi yang umum digunakan
adalah sebagai berikut:
Would you please send me ... Atau Could
you please send me ...
Jika ada informasi lain yang ingin Anda ketahui, Anda dapat
menuliskannya dengan ekspresi berikut ini:
I would also like to know ... Atau Could you
tell me whether ...
6. Penutup dan tanda tangan
(signature)
Ekspresi yang umum digunakan pada bagian penutup adalah:
Sincerely Atau ekspresi formal yang juga lazim
digunakan adalah: Yours faithfully
Setelah menuliskan penutup, cantumkan nama serta jabatan (jika Anda
merupakan seorang staf pada suatu perusahaan).
0 komentar:
Posting Komentar